Bali 2012

Dewa Whisnu

Jalan-jalan di Bulan Februari 2012 rasanya cuaca kurang begitu bersahabat kadang hujan kadang panas, dengan keadaan begini menjadikan perjalanan kita sedikit terganggu dan banyak waktu yang terbuang. Bagi teman-teman yang suka traveling harus jeli-jeli memilih waktu keberangkatan yang realistis dengan masalah cuaca, sedikit banyak harus cari informasi di bulan apa sebaiknya melakukan satu perjalanan. Saat ini banyak sekali alternative untuk melaukan perjalanan, dengan maraknya penerbangan murah/promo menjadikan semakin mudah untuk melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun ke manacanagara. Keberangkatan ke Bali kali ini dimulai di pagi buta untuk mengejar waktu check-in, memang suaca saat itu sebelum take-off  di Bandara Soetta sudah diguyur hujan dengan lebatnya agak sedikit ketar-ketir dengan keadaan seperti itu dan ternyata benar tidak biasanya pesawat ini dengan ketinggian yang maksimal ya mungkin untuk menghindari cuaca yang terjadi saat itu tapi tetep saja rasa ketidak nyamanan terjadi (horor sih enggak cuma agak ciut nyali) dan  hanya bisa berdoa sepanjang perjalanan itu, tidak lama kemudian sampailah di Bandara Ngurahrai Bali dengan landasan basah karena hujan lebat, ketar-ketir lagi yang kedua kalinya alhamdullilah pendaratan cukup mulus dan tidak terjadi apa-apa. Tidak lama saya berada di Bandara International Ngurahrai karena hujan dan suasana bandara-pun sedang dilakukan perluasan/renovasi, akhirnya ketemu kawan lama saya yang siap untuik menjemput dan mengantarkan saya ke hotel tempat saya menginap. Hotel pertama yang saya pilih adalah hotel yang sangat strategis dan dengan view yang lumayan  bagus untuk bikin foto, Mercure Kuta Hotel adalah salah satu hotel yang menurut teman-teman blogger satu pilihan yang bagus, berhadapan dengan pantai Kuta dan bersebelahan dengan Hard Rock Hotel dan Hard Rock Cafe.

Mercure Kuta Hotel


Mercure Kuta Hotel







Lokasi Mercure Kuta Hotel persis bersebelahan dengan Hard Rock Hotel dan Hard Rock Cafe, dimalam hari cukup ramai suasana di sepanjang jalan Pantai Kuta kadang terjadi kemacetan disana-sini. Dan juga disepanjang pantai kuta ini tersebar beberapa cafe, supermarket dan restaurant siap saji untuk memudahkan para pelancong yang datang di Bali.
     










Bali adalah satu tempat tourist destination yang cukup di kenal di mancanagara juga beberapa tempat lainnya seperti Bandung, Lombok dan kota-kota di Jawa lainnya. Kembali ke perjalanan saya di Bali, tempat-tempat wisata di Bali cukup banyak untuk dikunjungi semuanya tersebar dibeberapa wilayan seperti di wilayah Badung, Denpasar, Gianyar, Bangli, Tabanan, Buleleng, Klungkung, Karang Asem dan Jembrana. Tempat-tempat wisata di masing -masing wilayah mempunya daya tarik sendiri-sendiri seperti di wilayah BADUNG : Pantai Kuta, GWK, Pantai Dream Land, Pantai Legian, Pantai Nusa Dua, Pantai Padang-padang, Uluwatu dll, di wilayah DENPASAR : Pantai Sanur, Bali Art Center, Museum Bali dll, di wilayah GIANYAR : Tampak Siring, Pura Tirta Empul, Pura Goa Gajah, Bali Safari and Marine Park, Bali Bird and Reptile Park,  Sukawati , Ubud, di wilayah BANGLI : Kintamani, Danau Batur, Gunung Batur dll, di wilayah TABANAN : Tanah Lot, Danau Beratan, Bedugul dll, di wilayah BULELENG  : Pantai Lovina, Air terjun Sing-sing dll, di wilayah KLUNGKUNG : Kawasan Nusa Penida, Pura Goa Lawah dll, di wilayah KARANG ASEM :  Taman Tirta Gangga, Pura Besakih, Padang Bay, Gunung Agung dll, di wilayah JEMBRANA  :  Taman Nasional Bali Barat dll. Dari sekian banyaknya tempat wisata di Bali rasanya perlu waktu yang cukup untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada.


Nusa Dua Beach
Nusa Dua Beach


GWK
GWK
Ulu Watu Beach



Nusa Dua, Ulu Watu dan GWK adalag obyek wisata yang ada di di wilayah Badung. Nusa Dua dikenal dengan keindahan pantainya yang biru dan tersebar beberapa hotel bintang lima, juga pantai nusa dua  menjadikan tempat obyek wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya juga wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Bali.  Di pantai Nusa Dua ada beberapa pantai yang dikelola oleh hotel-hotel berbintang dikhususkan untuk para tamu hotel (tidak untuk umum) sementara di sisi pantai sekitarnya juga tersedia untuk masyarakat umum secara gratis. Disamping itu juga di Nusa Dua terdapat Shopping Center yang yang cukup besar dulu dikenal dengan nama Keris Gallery dan sekarang dengan nama Bali Collection, area shopping ini menyediakan berbagai macam kerajinan juga barang-barang lainnya. Wilayah Badung juga terdapat pantai curam yang cukup indah yaitu Ulu Watu dimana terdapat pura sebagai tempat ibadah masyarakat Bali, disamping itu bagi para wisatawan juga tersedia pertunjukan tari Kecak. Apabila berkunjung ke Ulu Watu hati-hatu dengan penghuni bukit curam itu karena banyak sekali berkeliaran monyet-monyet sehat dan gemuk yang kadang nakal dan jahil. Kemudian ada GWK (Garuda Wisnu Kencana)  yang merupakan tempat wisata yang menarik walau berkesan satu proyek wisata gagal namun cukup diminati wisatawan dalam dan luar negeri. GWK terletak di tanjung Nusa Dua adalah komplek taman budaya tempat yang didesain merangkum berbagai kegiatan budaya, GWK sebuah mahakarya seniman Bali dengan kreasi patung yang dikreasikan dalam bentuk kolosal dan konteporer dalam ujud GWK Cultural Park. GWK terletak di dataran tinggu, kita juga dapat melihat pemandangan alam serta berbagai kawasan sekitar kota Denpasar, antara lain Pantai Kuta, Bandara International Ngurah Rai, pelabuhan Benoa dll. GWK sering sekali di jadikan tempat pertunjukan Konser Musik mancanagara yaitu di panggung Lotus Pond GWK, GWK merupakan tempat eksotik dan mempunyai daya tarik tersendiri.           


Beratan Lake - Bedugul

Ulun Danu Temple




Bedugul terletak di wilayah Tabanan Bali yang merupakan obyek wisata Bali menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Di daerah bedugul ini walau berdiri pura yang megah dan asri sebagai tempat ibadah umat hindu Bali disisi lain terdapat tempat ibadah lain yang berdampingan dengan damai yaitu sebuah mesjid besar untuk umat muslim beribadah. Membahas masalah obyek wisata di pulau dewata ini rasanya takan ada habisnya, dua hari sudah kunjungan saya di Bali dan beberapa obyek wisata menarik telah saya kunjungi. Untuk melanjutkan perjalanan saya, di hari ketiga dan ke empat saya mencoba untuk pindah lokasi yaitu menginap di Hotel Grand Whiz di daerah Kuta, hotel ini terbilang baru dibuka sekitar bulan November 2011 dengan interior minimalis lengkap dengan kolam renang yang kozy namun sayang tidak tersedia ruang parkir, hotel ini secara keseluruhan cukup nyaman. Hotel Grand Whiz tidak jauh dari Discovery Mall cukup berjalan kaki kurang dari lima menit.

Grand Whiz Hotel - Kuta Bali
Grand Whiz Hotel - Kuta Bali
Grand Whiz Hotel - Kuta Bali

Grand Whiz Hotel - Kuta Bali

Selama di bali selalu saja di guyur hujan pada saat berangkat sih aman-aman saja tapi sesampainya di tempat tujuan wisata mulai lagi cuaca tidak bersahabat, daripada basah kuyup akhirnya cuma ngobrol di dalam kendaraan menunggu hujan reda (buang waktu lagi), ini terjadi pada saat tour ke wilayah Gianyar dimana terdapat Istana Presiden Tampak Siring dan juga Pura Tirta Empul yang kebetulan pada saat itu sedang ada hari raya Kuningan. Pada hari raya Kuningan semua pura-pura besar yang ada di Bali termasuk Pura Tirta Empul dipadati oleh warga Bali, umat hindu pada hari raya Kuningan ini berdoa pada Tuhan agar pulau Bali khususnya dan bangsa Indonesia selalu diberikan kedamaian dan dijauhkan dari bencana. Pada hari raya Kuningan suasana di setiap tempat atau perkampungan terasa sepi semua aktifitas masyarakat terhenti sesaat mereka mengkhususkan untuk pergi ke pura bersama keluarga bahkan aktifitas pasar yang biasanya ramai juga banyak yang tutup. 




Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul
Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot
Tanah Lot - Bali



Sebenarnya tempat-tempat seperti tanah lot beberapa tahun yang lalu pernah saya kunjungi namun rasa keinginan untuk mengabadikan dalam bentuk foto rasanya ingin mencoba kembali. Saat kunjungan ke tanah lot saya mencoba untuk mengejar sore hari berharap mendapatkan foto yang bagus saat sunset tiba namun nyatanya cuaca berkata lain. Dengan keadaan cuaca seperti itu apa boleh buat di hari keempat rasanya belum mendapatkan suasana yang pas untuk hunting foto akhirnya saya memutuskan untuk memperpanjang satu hari dan ticket untuk kembali ke jakarta yang sudah ada di tangan terpaksa saya cancel. Untuk akomodasi dan ticket perpanjangan satu hari maka pencarianpun-pun dimulai yaitu hunting di internet  setelah beres mendapatkan ticket dan akomodasi akhirnya memutuskan untuk menginap di Adhi Jaya Hotel, hotel ini terletak persis di depan Discovery Mall dan hotel ini sangat strategis dan memudahkan untuk kemana-mana. Satu hari di tempat ini ternyata cuaca cukup panas dan tidak turun hujan yang jelas kita harus mendapatkan foto di kala cuaca yang cukup baik syukur-syukur mendapatkan foto disaat matahari tenggelam. Discovery Mall adalah salah satu shopping mall yang ada di bali yang cukup lengkap dari cafe sampai resto tersedia disana.

Adhi Jaya Hotel - Bali








Adhi Jaya Hotel - Bali
Adhi Jaya Hotel - Bali
Adhi Jaya Hotel - Bali
Adhi Jaya Hotel - Bali
Adhi Jaya Hotel - Bali
Adhi Jaya Hotel - Bali









               
Berakhir sudah jalan-jalan di Bali, nikmai disetiap perjalanan apapun keadaannya dan mari kita nabung lagi untuk next trip.